Berita

Summer Green Camp

Summer Green Camp dilaksanakan di kawasan Taman TPA Blandongan Kota Pasuruan. ummer Green Camp merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mempertemukan lintas generasi dalam membangun kesadaran menjaga bumi.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyampaikan, kegiatan Summer Green Camp merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan setelah pandemi Covid-19. Kegiatan outdoor yang diprakarsai Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) ini mempertemukan lintas generasi dalam membangun kesadaran untuk menjaga bumi.

“Permasalahan kebersihan lingkungan di Kota Pasuruan menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan,” ujar bapak Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Imron mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari dimana hari pertama Jum’at akan dimulai dengn acara sarasehan yang mendatangkan Narasumber dari Word For Change yaitu Pusat Penggiat Lingkungan Pusat Jakarta.

“Diawali hari pertama ada sarasehan, malamnya Wali Kota Pasuruan direncanakan membuka kegiatan ini dan esok harinya ada outbond dan juga game, penjurian dan pemberian reward,” imbuhnya

“Ini Sunatullah kita menyadari lingkungan harus dirawat agar tidak terjadi musibah, Summer Green Camp merupakan pembangunan berkelanjutan artinya pembangunan sekarang ini harus mempertimbangkan anak cucu kita dimasa yang akan datang dan diwariskan,” imbuhnya

“TPA di Kota Pasuruan sudah terpisah antara yang organik dan non organik artinya kesadaran masyarakat sudah tumbuh ,” katanya

Gus Ipul juga mengajak peserta untuk menjadi pelopor mencintai lingkungan yang dimulai dari bersih toiletnya, bersih dapurnya, bersih kamarnya, bersih ruang tamunya dan yang terakhir bersih lingkungannya.

“Stunting berawal dari sanitasinya tidak sehat, airnya tidak sehat, makanannya tidak sehat kemudian mempengaruhi ibu hamil sehingga akan menyebabkan kurang produktif,” pungkasnya
Gus Ipul berharap TPA di Kota Pasuruan nantinya akan menjadi TPA terbaik di Jawa Timur dengan memperkuat TPS (Tempat Pembuangan Sementara).

Diakhir sambutan Gus Ipul juga mengajak peserta untuk menyukseskan MTQ Provinsi Jawa Timur ke 30 yang akan dilaksanakan di Kota Pasuruan pada tahun 2023 kemudian memperkenalkan jingle Pasuruan Resik dan sebelum acara dimulai diberikan santunan untuk anak yatim sekitar TPA.

Gus Ipul berharap, Summer Green Camp ini bisa menjadi agenda rutin. Serta mengajak lebih banyak peserta lagi. Dan berharap TPA di Kota Pasuruan bisa menjadi TPA percontohan dan terbaik di Jawa Timur.